Jumat, 04 Januari 2013

tioglikolat



Media tioglikolat cair
L-Sistin P 0,5 g Natrium klorida P 2,5 g Glukosa P (C6H12O6.H2O) 5,5 g Agar P, granul (kadar air tidak lebih dari 15 %) 0,75 g Ekstrak ragi P (larut dalam air) 5,0 g Digesti pankreas kasein P 15,0 g Natrium tioglikolat P atau 0,5 g Asam tioglikolat P 0,3 ml Larutan natrium resazurin P (1 dalam 10) dibuat segar 1,0 ml Air 1000 ml pH setelah sterilisasi 7,1 ± 0,2Campur dan panaskan hingga larut. Atur pH larutan hingga setelah sterilisasi 7,1 ± 0,2 menggunakan Natrium hidroksida 1 N. Jika perlu saring selagi panas menggunakan kertas saring. Tempatkan media dalam tabung yang sesuai, yang memberikan perbandingan permukaan dengan kedalaman media sedemikian rupa sehingga tidak lebih dari setengah bagian atas media yang mengalami perubahan warna sebagai indikasi masuknya oksigen pada masa akhir inkubasi. Sterilisasi dalam otoklaf. Jika lebih dari sepertiga bagian atas terjadi warna merah muda, media dapat diperbaiki satu kali dengan pemanasan diatas tangas air atau dalam uap yang mengalir bebas hingga warna merah muda hilang. Media siap digunakan jika tidak lebih dari sepersepuluh bagian atas media berwarna merah muda. Gunakan media tioglikolat cair untuk inkubasi dalam kondisi aerob.


Media tioglikolat alternative
(untuk alat yang mempunyai lumen kecil) L-Sistin P 0,5 g Natrium klorida P 2,5 g Glukosa P (C6H12O6.H2O) 5,5 g Ekstrak ragi P (larut dalam air) 5,0 g Digesti pankreas kasein P 15,0 g Natrium tioglikolat P atau 0,5 g Asam tioglikolat P 0,3 ml Air 1000 ml pH setelah sterilisasi 7,1 ± 0,2 Panaskan semua bahan dalam wadah yang sesuai hingga larut. Campur, dan jika perlu, atur pH larutan hingga setelah sterilisasi 7,1 ± 0,2 menggunakan natrium hidroksida 1 N. Saring jika perlu, tempatkan dalam tabung yang sesuai dan sterilisasi dengan uap air. Media dibuat segar atau dipanaskan di tangas uap atau didinginkan saat akan digunakan. Tidak boleh dipanaskan kembali. Gunakan media tioglikolat alternative dengan cara yang menjamin kondisi anaerob selama masa inkubasi.





Perbenihan cair tioglikolat
Perbenihan cair tioglikolat adalah media penyubur, yang mengandung bahan-bahan nutrisi seperti casein, ragi dan ekstrak daging sapi serta vitamin untuk mempercepat pertumbuhan , bahan lain yang ditambahkan indikator oksidasi-reduksi (resazurin), dextrose, vitamin K1 dan hemin biasa ditambahkan pada media modifikasi thayer martin sebagai tambahan pada media ditambahkan 0,075% untuk mencegah pengaruh oksigen langsung terhadap larutan , bahan tambahan ini diberikan untuk memberikan suasasana anaerob pada bagian dasar tabung sehingga bakteri anaerob dapat tumbuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar